Laman

Selasa, 29 September 2015

Macam Ragam Manfaat Daun Bluntas Bagi Kita

Macam Ragam Manfaat Daun Bluntas Bagi Kita Beluntas adalah tanaman perdu tegak, dan berkayu,

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui diantaranya adalah, alkaloid dan minyak atsiri. Tumbuhan ini bersifat getir rasanya dengan ciri khas yang bau sengir. Daun berfungsi menambah nafsu makan stomakik, dan membantu pencernaan. Secara tradisional sejak dahulu daun beluntas dipakai sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, sebagai obat penurun panas, mengobati batuk, dan juga diare. Daun beluntas yang sudah direbus akan manjur dalam mengobati sakit kulit. Selain itu daun beluntas biasanya dikonsumsi masyarakat sebagai bagian dari lalapan.
serta bercabang banyak, memiliki tinggi bisa mencapai 2 meter. Berdaun tunggal, berbentuk bulat telur, berujung runcing, serta berbulu halus, daun mudanya berwarna hijau kekuningan dan pada saat tua berwarna hijau pucat dan panjang daunnya 3,8-6,4 cm. Tumbuhan ini liar di tanah dengan kelembaban tinggi; di daerah Jawa Barat tanaman ini dipakai untuk tanaman pagar dan pembatas antar guludan di perkebunan. Di beberapa daerah Indonesia menyebutkan nama beluntas dengan nama yang berbeda seperti baluntas (Madura), Luntas (Jawa Tengah), dan Lamutasa (Makasar).

 Khasiat
Secara tradisional, daun beluntas digunakan sebagai obat turun panas, obat batuk, dan menghilangkan bau badan ( dalam bentuk obat minum seduhan seperti teh ) dari aktivitas biologi yang diteliti, daun beluntas berkhasiat sebagai antikejang ( antispasme ) , mengurangi daya menidurkan dari phenobarbital, menyembuhkan tukak lambung ( ulkus duodenum ), mematikan kuman ( antiseptik ), dan aromatikum.
Gangguan Pencernaan Pada Anak

Daun dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus kemudian dicampuran dengan bubur saring atau dimasak dalam nasitim.

Khasiat Lain
TBC Kelenjar Leher
Ekstak batang dan daun beluntas, ekstrak gelatin dari kulit sapi, rumput laut. Bahan - baha ini ditim hingga lunak lalu dimakan.

Rematik
15 gr akar beluntas dicuci bersih, kemudian direbus lalu minum.

1 komentar: